Tupoksi BP2D Provinsi Jawa Barat


Tugas pokok Badan Penelitian dan Pengembangan (BP2D) yaitu menyelenggarakan perumusan kebijakan teknis bidang penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, menyelenggarakan koordinasi, pembinaan, pengendalian, fasilitasi dan pelaksanaan urusan pemerintahan provinsi di bidang penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi meliputi aspek penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi, analisis kebijakan dan pengembangan inovasi daerah serta kemitraan dan layanan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tugas Pokok tersebut di dapat dalam Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Barat No 78 tahun 2016.

 

Tugas pokok tersebut akan dijalankan melalui penyelenggaraan dan pelaksanaan penelitian, pengembangan dan penerapan Iptek dengan paradigma penelitian, pengembangan dan penerapan penelitian kreatif (Creative Research) yaitu penelitian yang sesuai kebutuhan masyarakat Jawa Barat untuk solusi tepat dalam percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan.

 

Dalam menyelenggarakan tugas pokoknya, BP2D Provinsi Jawa Barat memiliki fungsi yaitu:

  1. Penyelenggaraan perumusan kebijakan teknis bidang penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan provinsi bidang penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Penyelenggaraan koordinasi, pembinaan, dan fasilitasi pelaksanaan urusan pemerintahan provinsi bidang penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Penyelenggaraan pengendalian, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan urusan pemerintahan provinsi di bidang penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.