Jawa Barat Raih Budhipura Anugerah IPTEK 2016

Rabu, 10 Agustus 2016

SOLO,(PR).- Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan Budhipura, Anugerah IPTEK 2016. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir pada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dalam acara puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2016 di Stadion Manahan Solo, Solo, Rabu, 10 Agustus 2016.

Penghargaan Budhipura adalah penghargaan yang diberikan pada pemerintah provinsi sebagai apresiasi atas pembinaan yang dilakukan untuk penguatan inovasi kepada pemerintah kota/kabupaten. Sebelumnya terdapat tiga provinsi yang masuk dalam nominasi penerima penghargaan Budhipura yaitu Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Lampung.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menuturkan pengembangan riset dan inovasi di daerah sangat dipengaruhi oleh dukungan pemerintah daerah. Intervensi pemerintah provinsi dalam menyusun kebijakan-kebijakan yang mendorong pengembangan riset dan inovasi memiliki dampak yang sangat besar.

"Daerah perlu menumbuhkembangkan inovasi secara merata di kota maupun kabupaten yang ada di daeranya, berdasarkan potensi sumber daya yang dimiliki," katanya dalam acara puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2016 di Universitas Negeri Sebelas Maret, Solo, Rabu, 10 Agustus 2016. Dia berharap, pemberian penghargaan pada pemerintah provinsi maupun kota dan kabupaten dapat mendorong daerah lainnya untuk ikut termotivasi meningkatkan pengembangan riset dan inovasi.

Puncak perayaan Hakteknas 2016 dibuka oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.***

 

Sumber : Pikiran Rakyat