Kajian 10 CG: Analisis Berbasis Iptek Untuk Kebijakan Pembangunan Jawa Barat Di Bidang Pendidikan

Rabu, 05 Oktober 2016

Aspek peningkatan kualitas pendidikan masyarakat Jawa Barat menjadi penting kaitannya dengan pembangunan daerah secara keseluruhan. Untuk tahun 2014, capaian untuk indeks pendidikan tidak mencapai target yang diharapkan. Nilai indeks yang tidak mencapai parameter ini menjadi salah satu indikasi bahwa terdapat permasalahan terkait bidang pendidikan di Jawa Barat yang harus diselesaikan.

 

Maksud dan Tujuan dari kegiatan ini adalah tersusunnya rekomendasi inovasi kebijakan berbasiskan IPTEK di bidang pendidikan untuk meningkatkan percepatan pencapaian target pembangunan di Jawa Barat.

 

Untuk mendorong indeks pendidikan perlu mempertimbangkan faktor sosial budaya masyarakat. Selama ini, ada indikasi bahwa mengikuti jenjang pendidikan memiliki korelasi positif dengan kenaikan pendapatan. Faktor lain adalah tingginya tingkat ketergantungan pada penduduk usia produktif (terutama penduduk laki-laki) yang harus menanggung beban keluarga sementara lapangan kerja semakin terbatas. Maka, dengan dilakukannya analisis kebijakan berbasis IPTEK diharapkan pembangunan Jawa Barat ke depan, khususnya di bidang pendidikan, dapat berjalan dengan lebih efektif menjawab sumber permasalahan yang muncul.