Kajian 10 CG: Analisis Berbasis Iptek Untuk Kebijakan Pembangunan Jawa Barat Di Bidang Kesehatan

Senin, 26 September 2016

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa aspek kesehatan masyarakat merupakan salah satu investasi penting dalam menunjang kesuksesan pembangunan suatu bangsa. Hal ini dikarenakan pembangunan mustahil dilakukan jika masyarakatnya memiliki tingkat kesehatan yang rendah. Kesehatan sangat berkaitan dengan produktivitas tenaga kerja yang tentu saja berkaitan pula dengan pertumbuhan ekonomi daerah. Capaian indeks kesehatan Jawa Barat pada tahun 2014 sebesar 74,01 sedangkan target yang harus dicapai pada tahun tersebut adalah sebesar 75,6.

 

Maksud dan Tujuan dari kegiatan ini adalah tersusunnya rekomendasi inovasi kebijakan berbasiskan IPTEK di bidang kesehatan untuk meningkatkan percepatan pencapaian target pembangunan di Jawa Barat.

 

Tren indeks kesehatan yang baik ini tidak berarti menutup ruang improvisasi bagi pembangunan kesehatan masyarakat di daerah. Indeks kesehatan yang tidak mencapai target menjadi salah satu alasan perlunya perbaikan-perbaikan di masa mendatang. Evaluasi dan inovasi kebijakan pada bidang kesehatan penting dilakukan agar peningkatan kesehatan masyarakat menjadi konsisten dan percepatan perekonomian daerah tidak terkendala kondisi masyarakat yang memiliki tingkat kesehatan yang rendah.