Kajian 10 CG: Analisis Berbasis Iptek Untuk Kebijakan Pembangunan Jawa Barat Di Bidang Infrastrktur Wilayah

Selasa, 20 September 2016

Setiap pertumbuhan ekonomi akan diikuti dengan pertambahan permintaan terhadap berbagai produk dan jasa, karena itu setiap pertumbuhan harus pula disisihkan untuk membangun infrastruktur. Jawa Barat yang sebagian besar pendapatannya berasal dari sektor pertanian menjadi semakin bergantung pada infrastruktur agar dapat mempercepat jalur distribusinya. Oleh karena itu, pembangunan sektor ini menjadi fondasi dari pembangunan ekonomi selanjutnya.

 

Maksud dan Tujuan dari kegiatan ini adalah tersusunnya rekomendasi inovasi kebijakan berbasiskan IPTEK di bidang infrastruktur wilayah untuk meningkatkan percepatan pencapaian target pembangunan di Jawa Barat.

 

Permasalahan pembebasan lahan untuk infrastruktur kepentingan umum, kesiapan masyarakat untuk bekerja sama pada area proyek, dan ketertarikan bagi investor swasta. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis kebijakan pada bidang terkait untuk mengevaluasi dan memberikan alternatif solusi yang kreatif agar pembangunan ekonomi jawa barat dapat berjalan lancar dengan tetap memenuhi kebutuhan infrastruktur dasar untuk masyarakat.