Kajian 10 CG: Analisis Berbasis Iptek Untuk Kebijakan Pembangunan Jawa Barat Bidang Air Baku

Rabu, 21 September 2016

Sumber daya air mempunyai peran cukup besar dalam menunjang kegiatan bidang pertanian, air bersih perkotaan dan pedesaan, industri, perikanan tambak, pariwisata, tenaga listrik dan lain-lain. Untuk mencapai terwujudnya kelestarian sumber daya air diperlukan pengelolaan sumber daya air yang baik guna mewujudkan pendayagunaan sumber daya air yang optimal dengan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara adil, merata dan berkelanjutan. Di sisi lain akibat pengelolaan yang salah, air bisa menjadi bencana bagi kehidupan. Air yang berkelebihan di suatu tempat akibat hujan yang besar dapat menimbulkan kerugian yang besar. Sebaliknya kekurangan memungkinkan terjadi bencana kekeringan. 

 

Maksud dan Tujuan dari kegiatan ini adalah tersusunnya rekomendasi inovasi kebijakan berbasiskan IPTEK pada bidang air baku untuk meningkatkan percepatan pencapaian target pembangunan di Jawa Barat.

 

Agar pengelolaan air baku Provinsi Jawa Barat dapat secara konsisten memenuhi kebutuhan masyarakat dan permasalahan-permasalahan terkait air baku di tahun sebelumnya tidak terulang, Dibutuhkan analisis kebijakan terkait bidang pekerjaan umum pengelolaan sumber daya air sebagai bentuk evaluasi dan perumusan alternatif-alternatif kebijakan kreatif atas sumber permasalahan yang teridentifikasi.