SEMINAR RISET KREATIF "Inovasi Iptek untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Jawa Barat"

Jumat, 08 Desember 2017

Penelitian (research) merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pemecahan suatu masalah. Fungsi penelitian adalah mencarikan penjelasan terhadap permasalahan serta memberikan alternatif bagi kemungkinan yang dapat digunakan untuk pemecahan masalah. Hasil dari sebuah penelitian merupakan modal dasar dalam terbentuknya kebijakan.

Peran lembaga litbang dalam memperkuat daya saing daerah tersebut terangkum pada UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang tercantum pada Pasal 209 dan 219. Amanah tersebut menyebutkan, pentingnya pembentukan badan daerah untuk melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintahan yang meliputi perencanaan, keuangan, kepegawaian dan pendidikan, serta pelatihan dan penelitian pengembangan.

Hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan dalam kegiatan kompetisi riset kreatif untuk percepatan pembangunan Jawa Barat dianggap perlu dilakukan penyebarluasan hasilnya. Maka hasil penelitian yang telah dilakukan perlu dipublikasikan ke lingkungan masyarakat untuk dapat memberikan inovasi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah Provinsi Jawa Barat.

 

 

Bertempat di Prime Park Hotel Bandung Seminar Riset Kreatif di adakan, mengusung tema “Inovasi IPTEK untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Jawa Barat”. Dalam seminar tersebut terdapat 4 desk (presentasi) penelitian berdasarkan tema yaitu, kesehatan, sosial ekonomi, teknologi tepat guna, serta pertanian, peternakan dan ketahanan pangan. Dimana narasumbernya berasal dari tim peneliti PTN/PTS Provinsi Jawa Barat Riset Kreatif.

Pada kegiatan tersebut hadir juga Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA (Staf Khusus/ Tenaga Ahli Gubernur Jawa Barat) yang berkesempatan menjadi Keynote Speaker kegiatan Seminar Riset Kreatif. Beliau menyampaikan paparan mengenai “Tantangan BP2D Jabar dalam Kegiatan : RISET PENGUMPAN BALIK”.

Terpilihnya penelitian terbaik (hasil kompetisi riset) menjadi salah satu sasaran kegiatan ini. Selain itu di harapkan tersosialisasikannya inovasi IPTEK di Provinsi Jawa Barat, tersusunnya policy brief inovasi IPTEK bagi upaya peningkatan  kualitas hidup di Provinsi Jawa Barat dan juga teridentifikasinya ide-ide kreatif pengembangan IPTEK untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Provinsi Jawa Barat.