Kolokium Hasil-hasil Penelitian BP2D Provinsi Jawa Barat Tahun 2017 "Inovasi Daerah untuk Peningkatan Daya Saing di Jawa Barat"

Jumat, 15 Desember 2017

Kolokium Hasil – hasil Penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jawa Barat tahun 2017 telah dilaksanakan. Dengan mengusung tema “Inovasi Daerah untuk Peningkatan Daya Saing di Jawa Barat” bertempat di Hotel Mason Pine, Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin oleh BP2D setiap tahunnya sebagai upaya untuk menyebarluaskan hasil-hasil kajian dan penelitian yang telah dilaksanakan di tahun berjalan.

Pentingnya penyebarluasan hasil-hasil penelitian telah diamanahkan dalam Undang Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), khususnya dalam pasal 13, bahwa Lembaga litbang wajib mengusahakan penyebaran informasi hasil-hasil kegiatan penelitian dan pengembangan serta kekayaan intelektual yang dimiliki. Penyebarluasan hasil penelitian ini menjadi modal untuk memperkuat daya saing daerah.

Acara ini dibuka oleh Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. H. Muhamad Solihin M.Si, dalam sambutannya diharapkan kegiatan ini memberikan supply informasi dan bahan rekomendasi kebijakan melalui dasar ilmiah dan akademis yang dapat dipertanggungjawabkan atau research based policy. Sehingga mengharuskan pemerintah daerah berkompetisi baik secara lokal, nasional bahkan internasional. Hal ini merupakan tantangan bagi Pemerintah Daerah untuk dapat menghasilkan penelitian, pengembangan dan penerapan Iptek yang inovatif dan solutif bagi percepatan pembangunan di daerah.

 

 

Selain membuka kegiatan Asisten Administrasi Sekretariat Daerah mewakili Gubernur memberikan piagam penghargaan kepada insan Iptek dengan 6 kategori yaitu, Program Peningkatan Budaya Riset Dosen Perguruan Tinggi di Jawa Barat yang didanai dari APBD, Program Kerja Sama Riset Kebutuhan Produk Iptek untuk Pembangunan Jawa Barat, Mitra Peneliti/ Penggiat Iptek Komoditi Budhipura yang mendukung Pembangunan Jawa Barat Anugerah Budhipura, Peneliti atau Inovator yang diakui tingkat Nasional – Internasional dan Kategori Prakarsa Penerapan Karya Iptek Eksperimental.

Dalam kegiatan ini hadir juga Staf Ahli Gubernur Jawa Barat, Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA yang berkesempatan menyampaikan paparan mengenai “Riset untuk Kebutuhan Masyarakat Jawa Barat”. Sebagai keynote speaker kali ini beliau menyampaikan bahwa perlu adanya feedback research yang merupakan riset tahap lanjut untuk menghasilkan Inovasi baru, berdasarkan inspirasi atas kekurangan atau ketidaksempurnaan performa yang disampaikan oleh para pengguna produk hasil riset dan inovasi.