KAI Permudah Penumpang Pesan Tiket Kereta Lokal dengan KAI Access

Minggu, 17 Februari 2019

Jakarta - Masyarakat pengguna jasa kereta api lokal di Bandung dan sekitarnya serta Yogya-Solo dan sekitarnya bisa semakin mudah dalam menikmati layanan kereta api. 

Jika sebelumnya pengguna harus repot mengantre, kini tiket KA lokal di Bandung, Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access. Aplikasi ini merupakan Official Mobile Application milik KAI untuk memudahkan calon penumpang mendapatkan informasi dan melakukan pemesanan tiket kereta api secara online dengan jadwal yang lebih real time karena langsung dari server KAI.

"Kami terus berusaha memberikan pelayanan lebih kepada seluruh pengguna jasa kereta api dari berbagai kalangan dengan cara bertahap karena semuanya butuh proses. Pemesanan tiket KA lokal melalui KAI Access merupakan bentuk inovasi guna memberikan pelayanan prima sebagai wujud dedikasi kami kepada seluruh pelanggan setia jasa kereta api," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/2/2019).

Untuk menggunakan fitur ini, calon penumpang harus membuka aplikasi KAI Access terlebih dahulu lalu memilih menu 'Local Train'. Jika menu ini belum tersedia di KAI Access, disarankan untuk melakukan pembaruan aplikasi. 

Setelah itu, pilih stasiun asal dan stasiun tujuan dari KA lokal, lalu memilih jadwal keberangkatan dan klik 'Cari Tiket'. Kemudian pilih jadwal yang tersedia untuk tiga jam selanjutnya.

Pada halaman Konfirmasi Pemesanan akan muncul data sebagai review pemesanan yang telah dilakukan. Setelah itu, centang 'Syarat dan Ketentuan', lalu klik tombol 'Pembayaran'. 

Pada halaman Tipe Pembayaran akan muncul konfirmasi pembayaran sebagai review biaya yang harus dibayarkan, kemudian calon penumpang dapat memilih tipe pembayaran yang tersedia. Jika transaksi telah sukses, pada halaman Tipe Pembayaran akan muncul keterangan 'Sukses' di kolom status.

Sebagai contoh, calon penumpang bisa juga memesan tiket kereta Kereta Api Cibatuan dengan jadwal keberangkatan pada pukul 12.20 atau dengan Bandung Raya Ekonomi pada pukul 21.20. Kereta rute Bandung-Purwakarta tersebut sudah bisa dipesan melalui aplikasi ini. 

Selain kereta api lokal Bandung Raya-Cibatuan, saat ini tiket Kereta Api Prambanan Ekspres (KA Prameks) juga bisa dipesan secara online sejak 1 Februari 2019 melalui KAI Access. 

Tidak hanya perjalanan yang kilat tanpa macet, Prameks juga menawarkan tarif yang terbilang murah dibanding moda transportasi lain seperti bus, mobil, atau motor. Untuk rute Solo-Yogyakarta misalnya, penumpang hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 8 ribu. Sementara rute Solo-Kutoarjo dikenakan tarif Rp 15 ribu. 

Untuk tahap awal, pemesanan tiket KA lokal yang dapat dilayani melalui aplikasi KAI Access hanya KA Cibatuan, Bandung Raya, dan Prambanan Ekspres. Ke depan, KAI akan terus mengembangkan aplikasi ini sehingga semua pembelian tiket KA lokal di berbagai daerah lain bisa dilayani lewat aplikasi KAI Access.

Bagi calon penumpang yang belum memiliki aplikasi KAI Access bisa langsung mengunduh atau memperbarui aplikasi yang lama di Playstore untuk pengguna Android dan App Store untuk sistem operasi iOS/iPhone.
(mul/mpr)
 
Sumber : news.detik.com