Forum Perencanaan Tahunan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Tahun 2018

Jumat, 02 Maret 2018

Forum Perencanaan Tahunan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jawa Barat kembali di gelar, acara ini bertujuan untuk melakukan Sinkronisasi dan Sinergitas Prioritas Program Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota di Bidang Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Iptek, serta penyempurnaan Rencana Kerja BP2D Provinsi Jawa Barat Tahun 2019.

Forum ini dilaksanakan bertempat di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor Sumedang (28/02/18). Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Jawa Barat Dr. H. Iwa Karniwa S.E.Ak., M.M.,CA., PIA., dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa segala bentuk kebijakan yang dibuat oleh pemerintahan harus didasari berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan. Proses perencanaan pembangunan yang efisien, efektif, partisipatif, dan akuntabel, sehingga bermuara pada tercapainya dokumen perencanaan yang semakin berkualitas, agar implementasi yang tepat dapat diterapkan di lingkungan masyarakat.

Dalam kesempatan ini hadir pula Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat H. Daddy Rohanady, Beliau menyampaikan ada hal-hal yang perlu dilakukan secara intens terkait sinkronisasi program-program di Jawa Barat. Peran DPRD Provinsi selama ini hanya dilibatkan dalam kegiatan Musrenbang yang merupakan pembahasan akhir rencana kegiatan Perangkat Daerah di Provinsi, namun terkadang Perangkat Daerah masih saja ada yang mempermasalahkan perihal anggaran. Sehingga diperlukan sinkronisasi berkaitan dengan prioritas-prioritas kegiatan yang dilaksanakan.

 

 

Narasumber forum perencanaan tahun ini ada empat dimana yang pertama presentasi dari Kemenristekdikti dalam paparan yang disampaikannya berkenaan dengan Arah Kebijakan Kelitbangan Nasional Tahun 2019. Dalam RPJMN terdapat masalah yang terjadi mengenai Iptek yaitu Potensi SDA melimpah, nilai tambah industri rendah, daya saing rendah sehingga dilakukan trasformasi dalam penguatan peran Iptek untuk peningkatan daya saing agar dihasilkan keunggulan kompetitif perekonomian yang berbasis SDA, SDM berkualitas, Kemampuan Iptek. Narasumber kedua yaitu dari Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri, Paparan yang disampaikan berkenaan dengan Sinergitas Pusat dan Daerah di Bidang Penelitian dan Pengembangan. Beliau menyampaikan bahwa penelitian itu bagus jika ada koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Dibahas pula dasar hukum mengenai pengelolaan kelitbangan sudah cukup jelas, dimana disampaikan tugas Balitbangda yaitu melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintahan daerah Provinsi/Kab./Kota sesuai dengan ketentuan peraturan perUUan. Sementara fungsi Balitbangda yaitu penyusunan kebijakan teknis penelitian dan pengembangan, penyusunan perencanaan program dan anggaran Litbang, pelaksanaan penelitian dan pengembangan, pelaksanaan pengkajian kebijakan lingkup urusan pemerintahan daerah, fasilitasi dan pelaksanaan inovasi daerah, pemantauan, evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan Litbang; koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan Litbang, pelaksanaan administrasi penelitian dan pengembangan, dan pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah.

Dalam forum ini hadir juga narasumber yang berasal dari Tenaga Ahli Gubernur Jawa Barat Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA, dimana dalam kesempatan ini memaparkan ajakan untuk manfaatkan segera hasil kreatif riset : Riset untuk Memandu Jawa Barat sebagai Provinsi Inovatif Berkelas Nasional Sesuai Kebutuhan Masyarakatnya dan juga perwakilan dari Bappeda Provinsi Jawa Barat yang memaparkan mengenai rancangan awal RKPD Provinsi Jawa Barat Tahun 2019. Tema Pembangunan di Provinsi Jawa Barat yaitu “Peningkatan daya saing daerah Bagi Upaya Mencapai Kemandirian Mayarakat Jawa Barat”.

Forum ini dihadiri peserta yang berasal dari Perangkat Daerah Jawa Barat, Unit Organisasi yang membidangi Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kabupaten/Kota, dan Universitas di Jawa Barat serta Penggiat Inovasi di Jawa Barat.

Berikut ini Rekapitulasi Usulan Kegiatan yang telah kami kumpulkan dari Forum Perencanaan 2018, jika ada peserta Forum Perencanaan yang belum memberikan Usulan atau ada yang tertinggal, dipersilahkan untuk menghubungi kami melalui email perencanaanbp2djabar@gmail.com hingga batas waktu tanggal 14 Maret 2018

>>>Rekapitulasi Usulan Kegiatan dari Forum Perencanaan Tahunan BP2D Tahun 2018