FORUM KOMUNIKASI KELITBANGAN “Penguatan Kelembagaan Litbang dan Sumber Daya Iptek di Jawa Barat”

Jumat, 24 November 2017

Penelitian dan pengembangan (Litbang) berperan penting dalam mendorong kemajuan suatu daerah. Hasil litbang yang akurat dalam bentuk konsep, model, skenario, maupun pilihan kebijakan yang tepat dapat menjadi rekomendasi dalam mengatasi berbagai masalah yang timbul di suatu daerah. Keberadaan sub sistem kebijakan dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas, efektifitas dan efesiensi kebijakan.

Namun ada beberapa faktor yang menjadi hambatan dan masalah dalam upaya membangun BPP yang kuat di daerah. Pertama eksistensi lembaga litbang dalam pembangunan daerah, sumber daya manusia, tata kelola keliltbangan dan permasalahan hasil litbang yang menjadi pokok permasalahan di daerah. Mencermati beberapa permasalahan di atas, maka perlunya evaluasi terhadap penguatan kelembagaan, tata kelola kelitbagan dan pemanfaatan hasil penelitian sebagai bahan rekomendasi kebijakan dan perencanaan pembangunan.

Dalam rangka menginventarisasi permasalahan lembaga litbang daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jawa Barat mengadakan kegiatan Forum Komunikasi Kelitbangan tahun Anggaran 2017 dengan tema “Penguatan Kelembagaan Litbang danSumber Daya Iptek di Jawa Barat”.

Bertempat di Marbella Suites Bandung, forum ini dihadiri oleh beberapa narasumber yang berasal dari BPP Kemendagri yang menyampaikan tentang Penguatan Kelembagaan Litbang, Kemenpan-rb memaparkan tentang Pengembangan dan Penguatan SDM Peneliti, Kemenristekdikti tentang Kebijakan Umum Pengembangan Kompetensi SDM Iptek Nasional dan juga Balitbangda Kota Bekasi yang memaparkan tentang Peran dan Fungsi Kelitbangan Daerah. Dalam kesempatan ini Kepala BP2D juga ikut memaparkan tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan di Jawa Barat.

Peserta pada forum kegiatan ini berasal dari perangkat daerah yang ada di kabupaten dan kota di Jawa Barat diantaranya Balitbang/Bappeda (yang membidangi penelitian), Badan Kepegawaian Daerah dan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah.

Dengan diadakannya kegiatan forum ini diharapkan akan diketahui bersama mengenai sinergitas program kelitbangan antara Kementerian dengan Provinsi dan Kabupaten/ Kota dan juga diketahui mengenai permasalahan lembaga litbang daerah, terkait dengan sinergitas kegiatan penelitian, kebijakan anggaran, dan SDM Peneliti serta pemanfaatan hasil penelitian.