BP3Iptek Menghadiri Pra Musrenbang Provinsi Jawa Barat Tahun 2016 di Wilayah I dan Wilayah II

Senin, 28 Maret 2016

BP3Iptek Provinsi Jawa Barat pada tanggal 18 dan 21 Maret 2016 menghadiri kegiatan Pra Musrenbang Kewilayahan di wilayah I Bogor dan wilayah II Purwakarta. Pra Musrenbang di Wilayah I diselenggarakan di Botani Square Bogor, sementara Pra Musrenbang Wilayah II bertempat di Gedung BKPP Wilayah II Purwakarta.

 

Pelaksanaan Pra Musrenbang Tahun 2016 dengan tema “Memantapkan Pembangunan Menuju Kemandirian Masyarakat Jawa Barat”  didasarkan kepada amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2009 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat, bahwa setiap proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan diperlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan, melalui forum Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan

 

Acara yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat ini merupakan bagian dari rangkaian Musrenbang, di mana untuk usulan kabupaten/kota akan dibahas sesuai dengan kewilayahan masing-masing. Pra Musrenbang dilakukan melalui proses pembahasan bersama antara OPD Provinsi Jawa Barat dengan seluruh Bappeda Kabupaten dan Kota se Jawa Barat. Pra Musrenbang berperan sebagai forum untuk membahas prioritas program dan kegiatan yang akan diusulkan pada Musrenbang Provinsi dan untuk menghasilkan kesepakatan antar pelaku pembangunan tentang rancangan RKPD Tahun 2017.

 

BP3Iptek sebagai salah satu OPD Provinsi Jawa Barat, turut hadir dalam Pra Musrenbang ini. Hadir dalam Pra Musrenbang Wilayah I Bogor adalah Kepala BP3Iptek, Dr. Ir. Lukman Shalahuddin, M.SC, dan Sekretaris BP3Iptek, Rina Rahdianawati, SE.,M.Si. Sementara di Wilayah II Purwakarta hadir yaitu Kepala dan Sekretaris BP3IPTEK beserta Kepala Bidang Kemitraan dan Layanan Iptek, Drs. H. Edy Wahyudi, M.Si.

 

Sekretaris BP3Iptek, Ibu Rina dalam paparan ketika sesi sidang kelompok menjelaskan tentang Rencana Program dan Kegiatan BP3IPTEK Tahun 2017 dan hasil usulan dari Kabupaten/Kota yang berasal dari Forum Perencanaan BP3IPTEK.