Sosialisasi dan Pembinaan Sistem Inovasi Daerah untuk Wilayah Kerja Pembangunan dan Pemerintahan (WKPP) II Jawa Barat

Kamis, 09 Maret 2017

Pada hari Selasa (7/03) dilakukan Sosialisasi dan Pembinaan Sistem Inovasi Daerah untuk Wilayah Kerja Pembangunan dan Pemerintahan (WKPP) II Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilakukan di Aula Kantor Badan Koordinasi Pembangunan dan Pemerintahan (BKPP) II Jawa Barat, Purwakarta. Wilayah Kerja Pembangunan dan Pemerintahan II meliputi daerah Purwakarta, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Penguatan Sistem Inovasi Daerah BP2D Provinsi Jawa Barat, Ibu Erlina Dalisaputra, S.Pt., MT. Dalam sambutannya beliau menyampaikan laporan penyelenggara dalam kegiatan sosialisasi dan pembinaan SIDa, adapun maksud dan tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah membangun jaringan kerjasama penelitian, pengembangan, dan penerapan Iptek, meningkatkan daya saing daerah dengan mengoptimalkan segenap potensi daerah secara bijak, mengoptimalkan penerapan hasil penelitian untuk mendukung aktivitas bisnis dan non bisnis dan menumbuhkembangkan SDM berbudaya Iptek yang mampu mendayagunakan segenap hasil penelitian untuk mendukung aktivitasnya, baik dalam aktivitas bisnis maupun non bisnis.

Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Barat Bapak Dr. Ir. Lukman Shalahuddin, M.Sc. Dikesempatan kali ini, disampaikan arahan untuk penguatan SIDa di Jawa Barat. Dalam acara inti dilakukan diskusi panel yang dipimpin oleh Ibu Erlina selaku moderator, tema dari diskusi panel yang pertama yaitu arah kebijakan penguatan SIDa dengan narasumber Dr. Wihatmoko Waskitoaji, M.Eng, selaku Kasubdit Pengembangan Sistem Inovasi Daerah dari Kemenristek Dikti. Narasumber yang kedua yaitu Priza Marendraputra, ST., MURP, selaku dosen di Institut Teknologi Bandung. Beliau menyampaikan materi mengenai peran SIDA untuk peningkatan daya saing daerah.

Setelah pemaparan dilakukan, dilanjutkan dengan diskusi dalam diskusi ini beberapa peserta mengutarakan permasalahan yang ada di daerah masing-masing. Sehingga dapat dirumuskan solusi yang baik secara bersama-sama dengan peserta sosialisasi lainnya. Diakhir acara diharapkan agar Kabupaten/Kota segera membentuk tim koordinasi SIDa dan roadmap SIDa, sebagaimana contoh yang telah dipaparkan.