PERTEMUAN KERJASAMA ANTARA BP2D PROVINSI JAWA BARAT DAN BALITBANGDA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Kamis, 02 Maret 2017

BP2D Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke Balitbangda Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 27 Februari 2017, yang bertujuan untuk membicarakan terkait tindak-lanjut pembahasan draft perjanjian kerjasama  yang mulai dirintis 20 Desember 2016.

Kerjasama antar Balitbang yang akan dibuat dengan memproritaskan ruang lingkup yang sudah ditetapkan dan akan ditingkatkan Kerjasama antar Gubernur yg dibatasi 5 tahun. Apabila tidak dilaksanakan maka batal sesuai hukum yang berlaku.

Ruang lingkup yang akan dikerjasamakan meliputi pengembangan budidaya padi rawa sebagai solusi budidaya tanaman padi pada lahan sawah yang rawan banjir, pengembangan agrowisata sungai sekaligus untuk pengendalian banjir, konservasi hutan flora dan fauna, pengembangan protein hewani dari itik Alabio, pengembangan Agro-Techno Park, pengembangan Energi Alternatif dan pengembangan budidaya ikan air tawar.

Kunjungan dilanjutkan ke Kantor Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, untuk  meneruskan perjanjian kerjasama kepada Gubernur Kalimantan Selatan. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke salah satu UPT binaan Balitbangda Kalimantan Selatan yaitu Balai Pengkajian Penerapan Teknologi Pertanian Terpadu (BP3T).

Untuk menindaklanjuti perjanjian kerjasama, akan diadakan pertemuan lebih lanjut untuk mematangkan kerjasama serta secara paralel masing-masing provinsi akan berkoordinasi dengan biro terkait.