Kajian Preliminari Pembangunan Bandara Citarate

Rabu, 10 Agustus 2016

Pertumbuhan yang cepat dan dinamis dari Propinsi Jawa Barat membutuhkan pengembangan prasarana yang baik dan memadai untuk mengimbangi pembangunan yang terjadi. Salah satu infrastruktur yang potensial dalam menghubungkan antar wilayah serta untuk mendorong peningkatan pendapatan daerah adalah bandar udara.


Maksud dari kegiatan ini adalah untuk melakukan kajian dan identifikasi awal kelayakan pembangunan Bandara Internasional Citarate Kabupaten Sukabumi. Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan kajian awal dan identifikasi karakteristik Kawasan Citarate, Kecamatan Ciracap sebagai lokasi pembangunan Pusat Pariwisata dan Bandara Internasional Citarate, Kabupaten Sukabumi.


Pembangunan bandara sebagai suatu simpul transportasi perlu didukung oleh pengembangan kegiatan sebagai permintaan terhadap keberadaan bandara tersebut. Jika bandara yang akan dikembangkan tidak memiliki potensi pasar atau potensi permintaan, maka pembangunan bandara ini tidak optimal. Mengingat pembangunan bandara Citarate telah dinyatakan dalam berbagai dokumen perencanaan, Oleh karena itu pada tahun 2016 ini, BP3IPTEK melaksanakan kajian mengenai pengembangan kegiatan ekonomi dan infrastruktur pendukung untuk mendukung pembangunan Bandar Udara Citarate Kabupaten Sukabumi.