Kajian Pengembangan Pelabuhan Di Indramayu

Rabu, 17 Agustus 2016

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Jawa Barat 2009-2029 menyatakan beberapa rencana pembangunan infrastruktur perhubungan yang salah satunya adalah pengembangan bandara dan pelabuhan nasional maupun internasional serta terminal guna memenuhi kebutuhan pergerakan dari dan ke Jawa Barat dalam skala regional, nasional, maupun internasional.

 

Maksud dan tujuan dari kajian ini adalah memberikan gambaran awal untuk menentukan kelayakan pembangunan pelabuhan internasional di Kabupaten Indramayu.

 

Rencana pembangunan pelabuhan yang akan segera dilakukan yaitu Pelabuhan Laut Internasional Cilamaya. Namun, pembangunan tersebut terkendala lokasi yang ternyata tidak layak ditinjau dari aspek tata ruang maupun dari aspek teknis sehingga pengambil kebijakan (policy maker) mengalihkan lokasi pelabuhan tersebut ke Kabupaten Indramayu.

 

Terkait dengan pengalihan lokasi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat perlu mengidentifikasi lokasi rinci pembangunan pelabuhan internasional tersebut. Kajian ini perlu dilakukan dalam rangka memberikan gambaran awal untuk bahan pertimbangan penyusunan dokumen teknis pembangunan pelabuhan internasional tersebut.