Forum Perencanaan Tahunan BP2D Provinsi Jawa Barat Tahun 2017

Kamis, 16 Maret 2017

 

PADALARANG – Dalam rangka sinkronisasi kegiatan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dilingkup Jawa Barat pada aspek Kelitbangan tahun 2018, BP2D Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Forum Perencanaan Tahunan BP2D Provinsi Jawa Barat pada tanggal 13 Maret 2017 di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Usulan kegiatan Litbang yang muncul dari forum ini, harus didampingi sampai ke meja DPRD supaya bisa disetujui sesuai dengan hasil diskusi. Forum ini merupakan suatu wadah bersama dalam menentukan program dan kerjasama dalam menentukan kemajuan penelitian dan Iptek Tahun 2018.

Acara ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA. Melalui sambutannya, beliau menyampaikan keinginan gubernur yaitu membuat Jawa Barat provinsi yang sarat akan Iptek, khususnya dalam policy making. Pembuatan kebijakan yang berbasis Iptek dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi program sehingga pada akhirnya dapat memberikan manfaat besar untuk masyarakat.

Setelah dibuka oleh Asisten Daerah Ekonomi Pembangunan, kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Kepala BP2D mengenai Arah Kebijakan Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Iptek di Provinsi Jawa Barat. Selain itu, Dewan Riset Daerah Jawa Barat memberikan paparan tentang Agenda Riset Daerah Provinsi Jawa Barat.

Forum yang diselenggarakan di Kota Baru Parahyangan, Padalarang ini dihadiri oleh narasumber yang berasal dari Bappenas yang menyampaikan arahan kebijakan nasional di Bidang Penelitian dan Pengembangan Tahun 2018, Paparan dari Ristekdikti tentang Rencana Induk Riset Nasional 2017-2045 dalam isi pemaparannya mengenai arahan kegiatan litbang seluruh daerah di Indonesia. Paparan dari Kemendagri tentang Sinergitas Pusat dan Daerah di bidang Penelitian dan Pengembangan, dalam pemaparannya dijelaskan penguatan SDM dapat dilakukan dengan alih tugas dosen atau lembaga pendidikan lain guna penguatan lembaga Litbang yang ada.

Forum ini dihadiri peserta yang berasal dari OPD Jawa Barat, Unit Organisasi yang membidangi Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kabupaten/Kota, Majelis BP2D, Anggota DRD serta Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian di Jawa Barat.